Al-Bahjah: Lembaga Dakwah Buya Yahya, Pesantren Terbaik #1 Indonesia

Ingin belajar agama dengan mudah dan menyenangkan? Al-Bahjah jawabannya, pesantren terbaik di Indonesia yang dibina Buya Yahya.

Pendahuluan: Permasalahan Belajar Agama Zaman Modern

Belajar agama adalah kewajiban bagi setiap muslim. Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan, waktu, dan fasilitas untuk menuntut ilmu syariah secara mendalam.

Apalagi di zaman yang serba canggih dan cepat ini, banyak godaan dan hambatan yang menghalangi kita untuk belajar agama.

Lantas, bagaimana cara belajar agama yang efektif dan efisien? Bagaimana cara mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan amal yang berkah? Bagaimana cara mengikuti jejak para ulama dan salafus shalih?

Salah satu solusinya adalah dengan bergabung dengan Al-Bahjah, lembaga dakwah yang menginspirasi umat.

Pemuda Indonesia Ikut Kajian Buya Yahya lewat Media Dakwah Al Bahjah
Para Pemuda Indonesia Ikut Kajian Buya Yahya lewat Media Dakwah Al Bahjah

Pentingnya Belajar Agama Islam: Buat Mudah & Menyenangkan

Al-Bahjah adalah singkatan dari Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah, yang didirikan dan dibina oleh Buya Yahya, seorang ulama muda kharismatik yang dikenal sebagai ahli hadits dan tafsir di Indonesia.

Al-Bahjah memiliki berbagai program dan kegiatan yang dapat membantu Anda untuk belajar agama dengan mudah dan menyenangkan.

Salah satunya adalah dengan mengirimkan putra atau putri Anda ke Pondok Pesantren Al-Bahjah, pesantren terbaik di Indonesia yang mengkombinasikan hafalan Al-Qur’an, pendalaman ilmu syariah, dan pengembangan potensi diri.

Perkenalan Penulis, Zadit: Bagaimana Dakwah Al Bahjah Menarik

Saya adalah Muh Zadit, seorang penulis yang memiliki minat dan passion di bidang pendidikan, agama, dan teknologi. Saya menempuh kuliah S1 fakultas pendidikan matematika di tahun 2023, dan sejak 2015 saya aktif dalam blogging dan digital marketing.

Saya juga berpengalaman menjadi operator dan penyiar radio dakwah di Pontianak pada 2019-2020, dan berprofesi sebagai admin di sebuah yayasan pendidikan pada 2021 hingga kini.

Salah satu hal yang membuat saya tertarik untuk menulis adalah dakwah Al-Bahjah dan Buya Yahya. Saya mengenal Al-Bahjah sejak saya masih duduk di bangku sekolah menengah, ketika saya membaca buku Fiqih Praktis karya Buya Yahya.

Buku itu sangat membantu saya untuk memahami dan mengamalkan syariah Islam dalam kehidupan sehari-hari secara mudah. Saya juga sering menonton kajian-kajian Buya Yahya di YouTube, yang selalu memberikan ilmu yang bermanfaat dan motivasi yang menggugah.

Saya sangat kagum dengan Al-Bahjah, lembaga dakwah yang menginspirasi umat. Al-Bahjah memiliki berbagai program dan kegiatan yang dapat membantu umat Islam untuk belajar agama dengan mudah dan menyenangkan.

Salah satunya adalah dengan mengirimkan putra atau putri mereka ke Pondok Pesantren Al-Bahjah, pesantren terbaik di Indonesia yang mengkombinasikan hafalan Al-Qur’an, pendalaman ilmu syariah, dan pengembangan potensi diri.

Dalam artikel ini, saya akan berbagi dengan Anda tentang Al-Bahjah, pesantren terbaik di Indonesia yang dibina oleh Buya Yahya.

Saya akan mengungkapkan tentang sejarah, visi, misi, program, prestasi, dan kontribusi Al-Bahjah dalam dakwah Islam. Saya juga akan mengajak Anda untuk bergabung dengan Al-Bahjah, baik dengan harta, tenaga, maupun pikiran Anda.

Saya berharap artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda, dan dapat menumbuhkan minat Anda untuk belajar agama dengan Al-Bahjah dan Buya Yahya.

Saya juga berharap artikel ini dapat menjadi sarana untuk menyebarkan dakwah dan kebaikan kepada orang lain. Mari kita simak bersama.

Mengenal Al-Bahjah: Yayasan Lembaga Pengembangan Dakwah Buya Yahya

Apakah Anda pernah mendengar tentang Al-Bahjah? Mempelajari dari website resminya albahjah.or.id, Al-Bahjah adalah singkatan dari Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah.

Sebuah lembaga dakwah yang didirikan dan dibina oleh Buya Yahya, seorang ulama muda kharismatik yang dikenal sebagai ahli hadits dan tafsir di Indonesia.

Al-Bahjah bergerak di berbagai bidang, mulai dari pendidikan, ekonomi syariah, media, hingga ziswaf (zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf).

Pusat Infaq Pengembangan Dakwah Al Bahjah

Al-Bahjah memiliki visi untuk menjadi lembaga dakwah yang menginspirasi umat dengan mengajarkan Islam yang rahmatan lil alamin, yaitu Islam yang membawa rahmat bagi seluruh alam.

Latar Belakang Dakwah Buya Yahya: Cerita Berdirinya Al Bahjah

Pada awalnya, kedatangan Buya Yahya ke Cirebon di tahun 2006 dalam rangka mengemban misi dari Universitas Al-Ahgaff untuk membuat sekolah persiapan Universitas Al-Ahgaff di Indonesia.

Setelah melalui kajian dan evaluasi, program tersebut hanya berjalan efektif selama 1 tahun, dan akhirnya di kembalikan ke Yaman.

Bersama itu pula Buya Yahya kemudian meminta izin kepada Al-Habib Abdullah Bin Muhammad Baharun yang juga adalah gurunya untuk merintis dakwah di Cirebon.

Atas do’a dan restu beliau dan guru-guru Buya Yahya yang lainya usaha dalam berdakwah sungguh sangat di mudahkan oleh Allah SWT.

Setelah Buya Yahya mendapat izin dari Al-Habib Abdullah Bin Muhammad Baharun untuk membangun pesantren, ada pesan istimewa agar mudah dalam mendirikan pesantren yaitu “Agar tidak usah repot meminta-minta dana dari siapa pun, akan tetapi berangkat dari kesederhanaan dan seadanya”.

Atas petunjuk Al-Habib Abdullah Bin Muhammad Baharun tersebut pembangunan pesantren sungguh sangat mudah tanpa ada kesusahan apapun.

Berkat restu dan doa para guru Buya Yahya Allah telah mengirim orang-orang yang membangun tersebut hingga pesantren bisa di tempati Buya Yahya pun tidak pernah merasakan susahnya mengurus tukang dan bangunan.

Para santri juga tidak dipungut biaya sama sekali dengan pelayanan pendidikan, tempat tinggal dan makan 3 kali. Tepatnya di bulan Juni 2008 dimulai pembangun pesantren. 

Seiring berjalannya waktu, minat masyarakat terhadap dakwah Buya Yahya semakin meningkat. Hal ini mendorong Buya Yahya untuk membangun sebuah lembaga dakwah yang lebih terstruktur dan profesional.

Setelah kurang lebih satu setengah tahun (tepatnya 10 Januari 2010), Yayasan LPD Al-Bahjah diresmikan oleh Al-Habib Abdullah Bin Muhammad Baharun dari Yaman, yang kemudian menjadi induk dari berbagai lembaga dan unit usaha di bawah naungan Al-Bahjah.

Beberapa di antara pembaharuannya yang terkini adalah:

  • Pondok Pesantren Al-Bahjah, lembaga pendidikan untuk putra dan putri yang mengkombinasikan hafalan Al-Qur’an, pendalaman ilmu syariah, dan pengembangan potensi diri.
  • Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Bahjah, lembaga pendidikan tinggi yang menawarkan program studi Ahwal Al-Syakhsiyah, Ekonomi Syariah, dan Komunikasi dan Penyiaran Islam.
  • Pustaka Al-Bahjah, penerbit buku-buku Islam berkualitas yang mencakup berbagai tema, seperti tafsir, hadits, fiqih, akhlak, sejarah, dan lain-lain.
  • Al-Bahjah TV, stasiun televisi yang menyiarkan program-program dakwah, edukasi, dan hiburan yang sesuai dengan syariah.
  • Al-Bahjah Travel, biro perjalanan yang menyelenggarakan umrah, haji, dan wisata halal.
  • Al-Bahjah Ziswaf, lembaga yang mengelola zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf dari para donatur dan menyalurkannya kepada para mustahik yang membutuhkan.

Perkembangan Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon

Sejak saat itu hingga kini, Pondok Pesantren Al-Bahjah terus berkembang dan maju, baik dari segi fasilitas, kurikulum, maupun prestasi.

Pesantren ini memiliki asrama yang nyaman, masjid yang luas, ruang kelas yang modern, laboratorium yang lengkap, perpustakaan yang terupdate, lapangan olahraga yang memadai, dan lain-lain.

Pesantren ini juga mengadopsi sistem pendidikan yang mengintegrasikan hafalan Al-Qur’an, pendalaman ilmu syariah, dan pengembangan potensi diri.

Pesantren ini juga melahirkan santri-santri yang berprestasi, baik di bidang akademik, non-akademik, maupun dakwah. 

Pondok Pesantren Al-Bahjah adalah salah satu bukti dari keberkahan dan keajaiban dakwah Al-Bahjah dan Buya Yahya.

Pesantren ini adalah salah satu pesantren terbaik di Indonesia yang dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin belajar agama dengan mudah dan menyenangkan.

Pesantren ini adalah salah satu pesantren yang dapat menjadi tempat berkembangnya prestasi dan akhlak mulia.

Pesantren ini adalah salah satu pesantren yang dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi umat Islam.

Pesantren ini adalah salah satu pesantren yang dapat menjadi cahaya penerang bagi seluruh alam.

Cara Belajar di Pesantren Al Bahjah: Daftar Program Pendidikan

Jika Anda ingin bergabung dan belajar di Al-Bahjah, Anda harus memenuhi syarat dan prosedur pendaftaran yang berbeda-beda tergantung pada program yang Anda pilih.

Baca juga: Persiapan Calon Santri Masuk Pondok Pesantren

Ada dua program utama pendidikan salaf/pesantren yang ditawarkan oleh Yayasan Al-Bahjah, yaitu program Tahfidz Al-Qur’an dan program Tafaqquh (pendalaman ilmu syariah).

Jika Anda ingin mengetahui tentang pendidikan sekolah di Al-Bahjah, Anda dapat mengunjungi website resmi Al-Bahjah di [psb.albahjah.or.id] atau menghubungi humas PSB Formal di 0821-2132-0575.

Di sana, Anda dapat menemukan informasi tentang program, kurikulum, fasilitas, prestasi, dan cara pendaftaran sekolah di Al-Bahjah, mulai dari jenjang SD sampai SMA.

Sekolah di Al-Bahjah menawarkan pendidikan yang berkualitas, islami, dan terpercaya, dengan mengintegrasikan hafalan Al-Qur’an, pendalaman ilmu syariah, dan pengembangan potensi diri. 

Untuk mendaftar ke sekolah dan pesantren Al-Bahjah, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:

Daftar PSB Sekolah Pesantren Al Bahjah

Cara Belajar Pendidikan Agama: Daftar Sekolah dan Pesantren Al-Bahjah

Tentukan program dan jenjang pendidikan

Tentukan program dan jenjang pendidikan yang Anda inginkan, yaitu program Tahfidz Al-Qur’an, program Tafaqquh, atau program Formal (SDIQu, SMPIQu, atau SMAIQu).

Kunjungi website resmi Al-Bahjah

Kunjungi website resmi Al-Bahjah di albahjah.or.id dan pilih menu Pendaftaran Online. Anda juga dapat mengakses langsung halaman pendaftaran online di psb.albahjah.or.id.

Isi formulir pendaftaran online

Isi formulir pendaftaran online dengan data diri Anda dan pilih program dan jenjang pendidikan yang Anda inginkan. Pastikan Anda mengisi formulir dengan benar dan lengkap.

Unggah dokumen-dokumen persyaratan

Unggah dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti fotokopi KTP orang tua, fotokopi rapor sekolah, foto 3×4, dan surat keterangan sehat. Jenis dan jumlah dokumen yang diperlukan tergantung pada program dan jenjang pendidikan yang Anda pilih.

Bayar biaya administrasi tes

Bayar biaya administrasi tes pendaftaran melalui transfer bank ke rekening yang tertera di website. Simpan bukti pembayaran Anda sebagai tanda bukti pendaftaran.

Tunggu informasi jadwal tes seleksi

Tunggu informasi jadwal tes seleksi yang akan dikirimkan melalui Whatsapp atau email. Ikuti tes seleksi sesuai dengan jadwal, tempat, dan materi yang telah ditentukan. Tes seleksi terdiri dari tes akademik, tes wawancara, dan tes mabit (menginap) bagi program Tahfidz Al-Qur’an.

Tunggu pengumuman hasil tes seleksi

Tunggu pengumuman hasil tes seleksi yang akan diumumkan melalui website atau Whatsapp. Jika Anda dinyatakan lulus, Anda harus melakukan daftar ulang dengan membayar biaya awal masuk dan menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Jumlah biaya awal masuk dan dokumen-dokumen yang diperlukan tergantung pada program dan jenjang pendidikan yang Anda pilih.

Ikuti orientasi dan pembekalan santri baru

Ikuti orientasi dan pembekalan santri baru yang akan diadakan sebelum masuk sekolah dan pesantren. Anda akan mendapatkan informasi tentang tata tertib, kurikulum, fasilitas, dan kegiatan sekolah dan pesantren. Anda juga akan mendapatkan perlengkapan belajar, tempat tinggal, dan makan yang telah disediakan oleh Al-Bahjah.

Estimated Cost: 500.000 IDR

Demikianlah langkah terperinci mendaftar ke sekolah dan pesantren Al-Bahjah. Semoga informasi ini dapat membantu Anda yang ingin belajar agama lebih dalam dan lebih baik.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat menghubungi humas PSB Formal di 0821-2132-0575, humas PSB Tahfidz di 0821 1577 9231, atau humas PSB Tafaqquh di 085 3333 22 707. Anda juga dapat mengunjungi website resmi pendaftaran sekolah pesantren Al-Bahjah di psb.albahjah.or.id atau menonton video tentang Al-Bahjah di YouTube @AlbahjahTV

Perkembangan Yayasan Al-Bahjah Cirebon – Indonesia

Semua lembaga dan unit usaha Al-Bahjah beroperasi dengan mengedepankan prinsip-prinsip syariah, profesionalisme, transparansi, dan akuntabilitas.

Al-Bahjah juga terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Al-Bahjah memiliki website resmi, aplikasi mobile, media sosial, dan channel YouTube yang menjadi sarana untuk menyebarkan dakwah dan informasi kepada masyarakat luas.

Dengan berbagai prestasi dan kontribusinya, Al-Bahjah telah mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar negeri.

Al-Bahjah juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga dan organisasi, baik pemerintah maupun swasta, nasional maupun internasional, dalam rangka mengembangkan dan memajukan dakwah Islam.

Namun, Al-Bahjah tidak berpuas diri dengan pencapaian yang telah diraih. Al-Bahjah terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dakwahnya, serta untuk menghadapi tantangan dan peluang yang ada.

Al-Bahjah juga terus berupaya untuk melibatkan dan memberdayakan masyarakat, khususnya umat Islam, dalam dakwahnya.

Oleh karena itu, Al-Bahjah mengajak Anda untuk bergabung dalam dakwah Al-Bahjah dan Buya Yahya, baik dengan harta, tenaga, maupun pikiran Anda.

Program Infaq Beras Makan Santri Al-Bahjah
Keberkahan dan kebahagiaan batin melalui setiap butir nasi – Program Infaq Beras Al-Bahjah

Keikutsertaan Dakwah bersama Al-Bahjah dan Buya Yahya

Anda dapat berpartisipasi dalam berbagai program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh Al-Bahjah, seperti mengikuti kajian, menghafal Al-Qur’an, menuntut ilmu syariah, membaca buku, menonton TV dakwah, berbelanja, berumrah, berhaji, berwisata, dan lain-lain.

Anda juga dapat berdonasi kepada Al-Bahjah melalui zakat, infaq, shodaqoh, atau wakaf, yang akan digunakan untuk membantu para santri, duafa, yatim, piatu, fakir, miskin, dan lain-lain.

Anda juga dapat berkontribusi dengan menyebarkan informasi dan dakwah Al-Bahjah kepada keluarga, saudara, teman, dan kenalan Anda.

Dengan bergabung dalam dakwah Al-Bahjah dan Buya Yahya, Anda tidak hanya akan mendapatkan manfaat dunia, tetapi juga akhirat.

Anda akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, amal yang berkah, dan pahala yang berlimpah. Anda juga akan menjadi bagian dari komunitas yang solid, harmonis, dan produktif.

Anda juga akan menjadi agen perubahan yang positif, yang dapat memberikan dampak yang baik bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan umat.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera bergabunglah dengan dakwah Al-Bahjah dan Buya Yahya, dan rasakan sendiri keajaiban dan keindahan Islam yang rahmatan lil alamin.

Al-Bahjah menanti Anda dengan tangan terbuka dan hati yang ikhlas. Al-Bahjah, lembaga dakwah yang menginspirasi umat.

Pertanyaan Umum: Pesantren, Pembelajaran Agama

Demikianlah artikel tentang Pondok Pesantren Al-Bahjah, yang merupakan salah satu bukti dari keberkahan dan keajaiban dakwah Al-Bahjah dan Buya Yahya.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi Anda yang ingin belajar agama lebih dalam.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan yang ingin Anda tanyakan, berikut ini adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan oleh pembaca tentang pesantren, pendidikan, dan agama Islam. 

Apa itu pesantren?

Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kyai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Pondok Pesantren Al-Bahjah juga menganut sistem mukim, yaitu menginap.

Apa yang dilakukan santri di pesantren?

Santri di pesantren melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri mereka secara rohani dan jasmani.

Apa itu pendidikan di pesantren?

Pendidikan di pesantren adalah proses pembelajaran yang mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum, dengan mengacu pada sumber-sumber ajaran Islam, seperti al-Qur’an, hadits, dan kitab-kitab kuning.

Pendidikan seperti di pesantren Al Bahjah mengedepankan nilai-nilai moral, spiritual, dan sosial, dengan mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW dan para ulama.

Pendidikan di pesantren Indonesia biasanya juga mengembangkan keterampilan dan bakat santri dalam berbagai bidang, dengan memanfaatkan fasilitas dan sumber daya yang ada.

Apa itu pendidikan agama?

Pendidikan agama adalah proses pengajaran dan pembelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap, perilaku, dan kepribadian peserta didik sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.

Apa saja artikel pelajaran dasar agama Islam? 

Artikel pelajaran dasar agama Islam adalah artikel yang membahas tentang materi-materi pokok yang harus diketahui dan dipahami oleh setiap muslim, seperti rukun iman, rukun Islam, akidah, ibadah, akhlak, sejarah Islam, dan lain-lain.

Artikel pelajaran dasar agama Islam biasanya ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti, disertai dengan dalil-dalil dari al-Qur’an dan hadits, serta contoh-contoh dari kehidupan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat.

Artikel pelajaran dasar agama Islam juga biasanya dilengkapi dengan latihan soal, rangkuman, dan saran bacaan untuk memperdalam pemahaman. 

Artikel pelajaran dasar agama Islam dapat ditemukan di berbagai media, seperti buku, majalah, website, atau aplikasi seperti yang disediakan Penerbit Pustaka Al Bahjah.

Bagaimana cara menyampaikan pembelajaran agama? 

Cara menyampaikan pembelajaran mengenai pendidikan agama Islam dapat dilakukan dengan berbagai metode, strategi, dan media, sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik.

Beberapa contoh cara menyampaikan pembelajaran mengenai pendidikan agama Islam adalah: Ceramah, Diskusi, Simulasi.

Bagaimana cara belajar agama tanpa batas ruang dan waktu? 

Cara belajar agama tanpa dibatasi ruang dan waktu adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dapat memberikan akses yang mudah, cepat, dan murah kepada sumber-sumber ilmu agama, seperti website, youtube, televisi, radio, termasuk channel Youtube @AlbahjahTV.

Apa pentingnya pembelajaran agama Islam?

Pembelajaran agama Islam adalah proses pengajaran dan pembelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap, perilaku, dan kepribadian peserta didik sesuai dengan ajaran agama Islam.

Pembelajaran agama Islam juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan penghayatan peserta didik terhadap ajaran agama Islam.

Pembelajaran agama Islam juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi peserta didik dalam beribadah, berdakwah, dan berinteraksi dengan sesama manusia dan lingkungan.

Pembelajaran agama Islam juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa toleransi, kerukunan, dan kesejahteraan antara umat beragama.

Leave a reply

Logo Majelis Info

Komunitas Pencari Taman Surga

About Us

COMING SOON

apple-store
google_play
© 2021 majelis.info. All Rights Reserved.
Enable Notifications OK No thanks