pesantren al bahjah buya yahya

Majelis Apa Saja Yang Terdapat Pesantren, Mengkader Dai – Cendikiawan Muslim?

Sahabat Majelis Info – Bagaimana sebuah majelis melahirkan pesantren yang tersiar luas bermasyarakat? di samping itu juga mengkader da’i dan ulama, majelis apa saja yang kalian kenal?

Diantara banyaknya yayasan, pondok pesantren, majelis kajian, majelis sholawat, majelis dzikir, Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah adalah salah satu wadah umat dan ulama untuk beramal.

Amalan tersebut masuk kedalam berbagai lini, baik ekonomi, pendidikan, keuangan dsb. Di Al-Bahjah, Anda dapat turut andil berdakwah dengan apapun yang dimiliki; tenaga, pemikiran, hingga infaq harta.

Ada banyak bidang dakwah oleh Yayasan Al-Bahjah asuhan Buya Yahya ini, semuanya bermuara untuk mendukung kaderisasi juru dakwah dan pendidik, hingga melayani umat, termasuk penyebaran informasi, pendidikan, hiburan islami sampai dengan wisata religi, safari dakwah-hijrah.

Kita mulai dari pendidikan alternatif, pendidikan karakter-adab akhlak, Pondok Pesantren, atau disebut juga Al-Bahjah Pontren, salah satu divisi yang menaungi beberapa unit subdivisi pendidikan informal.

Unit pendidikan Al-Bahjah tersebut adalah Ponpes Al-Bahjah Tahfidz, Tafaqquh, PPT (Pra Tahfidz, PAUD, TPA), Khoriji, TPQ-DTA, dan ALC (Al Bahjah Learning Center).

pesantren al bahjah buya yahya
Santri Al-Bahjah tetap mengaji walaupun secara virtual, sewaktu-waktu ketika Buya Yahya safari dakwah.

Divisi Al-Bahjah Pontren ini berperan sebagai unit pendidikan yang bertujuan menciptakan insan-insan yang bertaqwa, berbudi luhur, berilmu amaliyah al–Qur’an dan hadist, bertanggungjawab terhadap agama, bangsa dan negara,

serta memiliki pondasi akidah yang berpedoman pada Manhaj Muslim Ahlusunah Waljamaah, Asy-‘Ariyah / Maturidiyah, Shufiyah dan Bermadzhab.

Diketahui dari situs resminya albahjah.or.id, Yayasan Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah didirikan oleh seorang Ulama karismatik lulusan Pondok Pesantren Dalwa Jawa Timur dan Universitas Al-Ahgaff Yaman, Buya Yahya, memiliki berbagai media dakwah diantaranya TV satelit dan Radio. 

Dari segi pendidikan salaf, berikut adalah profil singkatnya,

Pondok Pesantren Al-Bahjah

Secara garis besar, Pondok Pesantren Al-Bahjah memiliki 6 jenjang kelas, kelas 1-3 fokus menghafal Al-Qur’an dan pembiasaan ibadah, kelas 4-6 mulai memahami kandungan-hukum Al-Quran dengan karantina pemantapan kitab kuning.

Selain itu, DTA dan Khoriji (santri kalong) menjadi program garda terdepan Al-Bahjah Pontren yang berinteraksi langsung dengan masyarakat. Kemudian program kaderisasi dilengkapi dengan ALC.

Tahfidz Al-Bahjah Pesantren

Divisi Tahfidz adalah unit pendidikan yang fokus mencetak hafidz-hafidzah termulai usia 8 sampai dengan 14 tahun, namun pendaftaran Tahfidzul Qur’an Al-Bahjah dalam batas usia 10 s/d. 12 tahun.

Tentang bagaimana mencari metode yang tepat agar santri bisa memiliki kemampuan menghafal al-Qur’an yang kuat dengan berbagai macam kriteria santri dimulai dari santri yang belum bisa membaca al-Qur’an sampai yang sudah hafal 30 juz.

Tafaqquh Al-Bahjah Pesantren

Baik dari luar, namun diutamakan yang berasal dari Tahfidz Al-Bahjah, ada juga dari Pendidikan Formal (SMPIQu, SMAIQu) Al-Bahjah, akan melanjutkan ke program pemantapan kitab yang disebut dengan Tafaqquh.

Adalah Pondok Pesantren Tafaqquh Al-Bahjah memiliki tujuan untuk mencetak santri menjadi juru dakwah yang mampu terjun ke masyarakat untuk menyampaikan ilmu seputar agama agar masyarakat mempunyai pedoman menjadi ummat yang diridhoi Allah swt.

Pra Tahfidz, PAUD dan TPA Al-Bahjah

Selanjutnya divisi PPT (Pra Tahfidz, PAUD, TPA) dengan latar belakang berdirinya adalah sebagai unit pendidikan untuk menampung, mendidik dan membantu perkembangan anak-anak dari pejuang Al-Bahjah yang sebagian besarnya sudah disibukkan dengan tugas di pondok. Ada kemungkinan akan secara terbuka secara total untuk menerima anak didik dari luar Al-Bahjah

TPQ dan DTA Al-Bahjah Ummahatul Mu’minin

Adapun divisi TPQ-DTA Ummahatul Mu’minin bertujuan memberikan pelajaran tambahan untuk anak-anak usia 7 smpe 12 tahun atau yang sekolah SD diluar Al-Bahjah dengan program pembelajaran diniyah dan Al Quran, pembelajaran dimulai setelah pulang dari sekolah, sekitar pukul 14.00 – 16.00 WIB.

Lulusan TPQ melanjutkan ke DTA (dinniyah takmiliyah awwaliyah) kemudian setelah lulus DTA diarahkan masuk ke Tahfidz atau pondok pesantren Tafaqquh. 

Khoriji Al-Bahjah Pesantren

Sebagai garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat luas, terutama bagi peserta didik dari remaja usia menengah keatas, divisi khoriji hampir mirip dengan TPQ DTA,

bertujuan untuk memberikan pelajaran tambahan namun dengan usia sekolah yang berbeda yaitu jenjang SMP, SMA bahkan yang sedang kuliah diluar dan mata pelajaran yang diajarkan yaitu pelajaran syariat seperti fikih praktis.

Al-Bahjah Learning Center (ALC)

Kemudian yang terakhir ada divisi ALC yang bertujuan untuk mengajarkan cara membaca al-Qur’an sampai bisa mengajarkannya kepada orang lain (kaderisasi Guru dan Pendampingan Al-Qur’an), metode yang digunakan ALC adalah metode tashili.

Pengembangan Dakwah Multimedia Al-Bahjah

Ibarat sayap dalam pengembangan dakwah, Al-Bahjah didukung oleh multimedia. Peran hamba terkasih Allah tentunya diperlukan untuk kemajuan dakwah islami.

RadioQu – Penyiaran Radio Dakwah Islami

RаdіоQu Nеtwоrk hаdіr dalam rangka mеnуаmраіkаn pesan-pesan Dаkwаh. Rаdіо dеngаn сіrі khаѕ реnуаmраіаn реѕаn bersandarkan Dаkwаh bil hіkmаh dіkоnfіgurаѕі dеngаn mеmаdukаn unѕur Dakwah Islamiyah, іnfоrmаѕі dаn hіburаn Iѕlаmі.

Fоrmulаѕі tеrѕеbut dіѕаrіkаn kedalam mоttо RADIO-QU “Inѕріrаѕі Sріrіt Hаtі”. Stay Tune radioqu.com

Albahjah TV – Live Streaming Majelis dan Kajian

Bersiaran di satelit sehingga Anda bisa mendapatkan parabolanya, ataupun live streaming Buya Yahya secara online di Youtube.com/c/AlBahjahTV

Info Selengkapnya Tentang Al-Bahjah dan Buya Yahya

Artikel ini dibuat oleh Muh Zadit, silahkan bertanya atau berdiskusi, dan kebaikan jariyah bagi Anda yang membagikan atau mengulas artikel tentang Pesantren Kaderisasi Dai dan Cendikiawan Muslim ini.

Informasi selengkapnya seputar Al-Bahjah dan Buya Yahya, Anda juga bisa gabung ke grup WhatsApp, silahkan kunjungi https://linktr.ee/buyayahya_albahjah

Comments(3)

Leave a reply

Logo Majelis Info

Komunitas Pencari Taman Surga

About Us

COMING SOON

apple-store
google_play
© 2021 majelis.info. All Rights Reserved.
Enable Notifications OK No thanks