Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan?

Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan?

Sebentar lagi kita memasuki hari raya Idul Adha atau biasa disebut dengan hari raya Qurban. Pada momen ini, umat muslim disarankan untuk memotong hewan kurban. Ada beberapa jenis hewan yang bisa di sembelih untuk menunaikan ibadah kurban. Beberapa jenis hewan tersebut adalah misalnya ada unta, domba, kambing, kerbau ataupun sapi. Akan tetapi seringkali masih ada banyak pertanyaan tentang qurban ini misalnya tentang kenapa hewan kurban harus jantan?

Secara eksplisit sebetulnya tidak dijelaskan dalam nash Alquran ataupun hadis terkait jenis kelamin hewan yang bisa dikurbankan. Akhirnya kemudian muncullah perbedaan pendapat mengenai keutamaan memilih hewan kurban yang tepat. Pastinya juga ada berbagai pendapat tentang hal tersebut, sehingga perlu kita mengambil salah satu pendapat yang dirasa sesuai dengan pikiran dan hati. Berikut adalah pendapat sekaligus juga dasar hukum dan alasannya:

Boleh Jantan Ataupun Betina

Dalam Al-Majmū’ Syarḥ al-Muhadzzab, Imam An-Nawawi menganalogikan jenis kelamin hewan kurban dianalogikan dengan Hadits mengenai jenis kelamin untuk hewan aqiqah. Di dalam hadis tersebut, sebagaimana dikutip islam.nu.or.id disebutkan bahwa boleh untuk memilih hewan aqiqah jenis kelamin jantan ataupun betina.

pexels ekaterina bolovtsova 5263809 scaled Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan?
Gambar Contoh Hewan Qurban Kambing (fm: Pexel.com)
Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan?

Dalam aqiqah, untuk anak laki-laki adalah dua kambing dan untuk perempuan satu kambing. Sementara dalam qurban tentu punya syarat ketentuan yang berbeda yakni ada pendapat 1 orang satu hewan kurban, dan ada juga pendapat 1 hewan bisa untuk 7 orang.

Dari penjelasan diatas, artinya berkurban dengan baik berjenis jantan atau betina itu tidak bermasalah. Hal yang paling penting yang di dalam kurban adalah memenuhi syarat-syarat serta kesesuaian lainnya sesuai dengan aturan yang ada di dalam kurban.

Berkurban dengan Hewan Jantan Lebih Baik

Meskipun ada hadis ataupun pendapat yang membolehkan untuk berkurban menggunakan hewan jantan ataupun betina, namun ada juga pendapat salah satu diantaranya dari laman konsultasisyariah yang yang menyarankan agar lebih baik memilih hewan kurban jantan.

Hal itu tentu bukan tanpa alasan. Pemilihan hewan jantan adalah karena hewan tersebut biasanya lebih mahal harganya nya dan lebih bagus. Hal itu tentunya sesuai dengan syariat dalam berkurban yakni disarankan dan disyaratkan untuk memilih hewan sebaik mungkin untuk berkurban.

pexels sener 12503306 scaled Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan?
Gambar Contoh Hewan Qurban Sapi (fm: Pexel.com)
Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan?

Jadi, manakah hewan kurban yang harus dipilih; betina ataukah jantan? Silakan anda ikut pada pendapat yang mana!

konten terkait: KITAB RISALATUL JAMIAH Rukun Haji atau Umrah

Comment(1)

Leave a reply

Logo Majelis Info

Komunitas Pencari Taman Surga

About Us

COMING SOON

apple-store
google_play
© 2021 majelis.info. All Rights Reserved.

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Enable Notifications OK No thanks