Keutamaan Minum Susu pada Malam 1 Muharram

Mengungkap Keutamaan Minum Susu pada Malam 1 Muharram

Keutamaan Minum Susu pada Malam 1 Muharram

Malam 1 Muharram merupakan waktu yang istimewa bagi banyak orang shaleh, termasuk Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki. Salah satu kebiasaan yang diamalkan oleh Abuya Sayyid adalah meminum susu pada malam tersebut. Tindakan ini dianggap memiliki keutamaan dan nilainya dalam agama Islam. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang keutamaan minum susu pada malam 1 Muharram dan bagaimana hal ini dipraktikkan oleh Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki.

Dalam tradisi keagamaan Islam, minum susu pada malam 1 Muharram memiliki makna dan tujuan yang mendalam. Salah satu keutamaannya adalah Tafa’ulan, yakni meminta kepada Allah agar satu tahun ke depan dijadikan tahun yang bersih dan penuh dengan kebaikan. Menyadari pentingnya momen ini, Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki secara rutin membagikan susu kepada para santrinya setiap kali memasuki 1 Muharram.

Kandungan susu yang melimpah memberikan manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Susu kaya akan kalsium, yang diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang. Namun, keutamaan minum susu pada malam 1 Muharram tidak hanya berkaitan dengan aspek kesehatan. Dalam agama Islam, susu juga dianggap sebagai anugerah yang disiapkan oleh Allah untuk umat Rasulullah SAW. Oleh karena itu, dalam doa yang dianjurkan saat meminum susu, kata-kata “وزدنا منه” (dan tambahkanlah keberkahan-Nya) ditambahkan, menunjukkan penghargaan dan permohonan agar berkah tersebut diperluas.

Dalam Al-Qur’an dan hadits Rasulullah, terdapat penekanan khusus terhadap keutamaan susu. Beberapa keutamaan tersebut antara lain:

  1. Menumbuhkan dan mengembangkan pertumbuhan anak. Susu telah lama diakui sebagai sumber nutrisi penting bagi pertumbuhan anak. Mengkonsumsi susu pada malam 1 Muharram diharapkan akan membawa keberkahan dan membantu pertumbuhan fisik dan mental anak-anak.
  2. Memenuhi kebutuhan makan dan minum anak. Susu memiliki kandungan gizi yang lengkap dan dapat memberikan nutrisi yang mencukupi bagi anak-anak. Dengan meminum susu pada malam 1 Muharram, diharapkan kebutuhan makan dan minum anak-anak akan terpenuhi dengan baik.
  3. Tidak menyebabkan gangguan pada perut anak. Susu dianggap sebagai minuman yang lembut bagi perut anak-anak dan tidak menyebabkan masalah pencernaan. Dalam konteks malam 1 Muharram, minum susu menjadi pilihan yang bijaksana untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan perut.
  4. Mengacu pada peristiwa Isra’ Mi’raj, susu dipilih oleh Rasulullah SAW sebagai minuman yang menyehatkan. Ketika Malaikat Jibril menawarkan khomr (anggur) dan susu kepada Rasulullah, beliau memilih untuk minum susu, yang menjadi simbol kefitrahan umat Rasulullah SAW.

Dengan mengamalkan sunnah Rasulullah yang juga dilakukan oleh Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki, kita dapat memperoleh keberkahan dan manfaat yang terkandung dalam minum susu pada malam 1 Muharram. Semoga amalan ini bermanfaat bagi kita semua dalam menjalani tahun yang penuh dengan kebaikan dan kesucian.

Inilah Bacaan Doa Minum Susu Malam 1 Muharram

Malam 1 Muharram adalah waktu istimewa bagi banyak orang shaleh, dan salah satu amalan yang sering diamalkan pada malam tersebut adalah minum susu. Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki, seorang ulama terkemuka, selalu mengamalkan amalan tersebut setiap tahunnya. Salah satu elemen penting dalam minum susu pada malam 1 Muharram adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca saat minum susu. Berikut adalah bacaan doa minum susu putih:

اللهم بارك لنا فيه و زدنا منه

“Doa tersebut berarti, ‘Ya Allah, berkahilah bagi kami susu ini dan tambahkanlah kepada kami lebih banyak darinya.'”

Bacaan doa ini memiliki makna yang dalam dan mencerminkan penghormatan kita kepada Allah atas anugerah susu yang diberikan-Nya. Doa ini juga menunjukkan pengharapan kita agar susu yang kita minum memberikan manfaat yang lebih banyak bagi tubuh kita.

Susu memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, terutama kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Dalam perspektif agama Islam, susu juga dianggap sebagai anugerah yang telah disediakan Allah untuk umat Rasulullah SAW. Oleh karena itu, dalam doa minum susu pada malam 1 Muharram, kata-kata “وزدنا منه” (dan tambahkanlah kepada kami lebih banyak darinya) ditambahkan. Hal ini menunjukkan pengharapan kita agar Allah memberikan berkah dan keberlimpahan dalam konsumsi susu yang kita minum.

Dalam menjalankan amalan ini, kita dapat mengikuti jejak Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki dan mengamalkan doa ini setiap kali minum susu pada malam 1 Muharram. Dengan mengucapkan doa ini, kita mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah atas nikmat-Nya yang telah diberikan dalam bentuk susu. Selain itu, doa ini juga mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan menghormati anugerah yang telah Allah sediakan.

*mohon maaf jika banyak kekeliruan silahkan klik tombol whatsapp

Leave a reply

Logo Majelis Info

Komunitas Pencari Taman Surga

About Us

COMING SOON

apple-store
google_play
© 2021 majelis.info. All Rights Reserved.
Enable Notifications OK No thanks