Juni
30 Jumat

Peringatan Haul 100 Tahun Syekh Nahrowi: Mengungkap Karya Ulama Nusantara yang Megah

Jum, 30 Juni 2023 (8:00 pm - 11:15 pm)Asia/Jakarta
Mapolres Purbalingga
Polres Purbalingga, Jalan Raya Mayjen Sungkono, Karangpoh Kulon, Kalikabong, Purbalingga Regency, Central Java, Indonesia

Description

Peringatan Haul 100 Tahun Syekh Nahrowi: Mengungkap Karya Ulama Nusantara yang Megah

Haul 100 Tahun Syekh Nahrowi Bersama Zahir Mania Purbalingga: Peringatan Seabad Perjalanan Ilmiah Ulama Nusantara

Acara Peringatan Haul 100 Tahun Syekh Nahrowi

Purbalingga-Kegiatan Haul 100 Tahun beliau Syekh Nahrowi Al Banyumasi Untuk Indonesia diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023. Acara ini akan diadakan di halaman Mapolres Purbalingga, Jawa Tengah pada hari Jumat, 30 Juni 2023 pukul 21.00 WIB. Maulana DR (HC) Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasim bin Yahya dan K.H. Happy Irianto Setiawan Pati akan hadir sebagai pembicara utama dalam acara ini. Grup Sholawat Majelis Az Zahir juga akan tampil memukau para penonton. Acara ini terbuka untuk umum, sehingga siapa pun dapat bergabung dalam perayaan tersebut.

Profil Syekh Ahmad Nahrawi Banyumas

Syekh Ahmad Nahrawi Banyumas adalah salah satu tokoh ulama Nusantara yang memiliki pengaruh besar dalam perjalanan ilmiah para ulama di Nusantara. Beliau dilahirkan di Purbalingga pada tahun 1276 H (1860 M) dengan nama asli Kiai Mukhtarom. Namun, setelah beliau menimba ilmu dan mengabdikan diri kepada gurunya, namanya berubah menjadi Nahrawi.

Kontribusi Ulama Nusantara dalam Perjalanan Ilmiah

Peninggalan Syekh Nahrawi yang sangat berharga adalah sumbangsihnya dalam memberikan taqrizh atau pengesahan terhadap kitab-kitab ulama terkemuka pada zamannya. Beberapa kitab yang mendapatkan pengesahan dari beliau antara lain Fathul Majid Syarh Jauharatut Tauhid karya Syekh Husain bin Umar Palembang dan fatwa Al-Ajwibatul Makkiyah ‘alal As’ilatil Jawiyyah yang ditulis oleh Syekh Abdullah bin Abdurrahman Siraj pada tahun 1922 M. Kitab kedua tersebut berisi jawaban dari mufti Mekkah terhadap beberapa persoalan yang ada di Nusantara, seperti tradisi Nusantara muludan, tahlilan, dan ziarah kubur.

Selain sebagai pengasas kitab-kitab tersebut, Syekh Ahmad Nahrawi juga menjadi Mursyid Thariqah Syadziliyah. Thariqah Syadziliyah mulai tersebar luas di tanah Jawa pada abad ke-19 ketika para santri Jawa yang sebelumnya belajar di Makkah dan Madinah kembali ke tanah air mereka. Beberapa ulama Jawa yang menjadi murid Syekh Nahrawi dalam Thariqah Syadziliyah antara lain KH. Muhammad Dalhar Watucongol, Muntilan, dan

Kiai Siroj, Payaman, Magelang; KH. Ahmad Ngadirejo, Klaten; Kiai Abdullah bin Abdul Muthalib, Kaliwungu, Kendal; dan Syekh Abdul Malik, Kedungparuk Mersi, Purwokerto, Banyumas. Warisan ilmiah dan perjalanan hidup beliau yang penuh berkah akan terus diingat dan dihormati oleh generasi-generasi mendatang.

Warisan dan Pengaruh Syekh Ahmad Nahrawi

Syaikh Nahrawi Muhtarom Al Makki Al Banyumasi wafat pada tahun 1926 M, pada usia 126 tahun, dan dimakamkan di Ma’la, Mekkah. Keberadaannya tetap menginspirasi dan menjadi teladan bagi para pencari ilmu serta pengamal agama. Peringatan Haul 100 Tahun Syekh Nahrowi merupakan kesempatan berharga untuk mempelajari dan menghormati jasa-jasa ulama Nusantara yang membanggakan.

Mengenang Jasa Ulama Nusantara melalui Peringatan Haul

Dalam peringatan Haul 100 Tahun beliau Syekh Nahrowi, kita memiliki kesempatan langka untuk mengenang dan merayakan warisan intelektual dan spiritual yang ditinggalkan oleh Syekh Ahmad Nahrawi Banyumas. Acara ini memberikan kita waktu yang berharga untuk memahami kontribusi ulama Nusantara dalam perjalanan ilmiah dan spiritual di Indonesia.

Baca Juga:
Peringatan Harlah ke-7: Zahir Mania Meriahkan Stadion Hoegeng Pekalongan dengan Pembacaan Maulid dan Sholawat

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, peringatan Haul 100 Tahun beliau Syekh Nahrowi merupakan sebuah perayaan yang penting untuk mengungkap karya-karya ulama Nusantara yang megah dan memahami pengaruh mereka dalam perjalanan ilmiah dan spiritual di Indonesia. Acara ini diharapkan memberikan manfaat dan keberkahan bagi semua yang hadir serta menjadi pengingat akan pentingnya menjaga dan menghormati warisan yang ditinggalkan oleh ulama Nusantara.

Peringatan Haul ini tidak hanya sekadar sebuah acara seremonial, tetapi juga menjadi momentum yang berharga untuk merefleksikan perjalanan ilmiah ulama Nusantara dan memperkuat identitas keislaman bangsa. Melalui pemahaman dan penghargaan terhadap kontribusi ulama Nusantara, kita dapat melanjutkan tongkat estafet mereka dalam meneruskan tradisi keilmuan dan kebaikan.

Dalam acara ini, kita dapat belajar banyak dari perjalanan hidup Syekh Ahmad Nahrawi Banyumas dan ulama Nusantara lainnya. Keikhlasan mereka dalam menuntut ilmu, keteguhan dalam menjaga ajaran agama, serta dedikasi mereka dalam menyebarkan nilai-nilai kebaikan, menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus mengejar pengetahuan, mengamalkan agama dengan ikhlas, dan berkontribusi dalam masyarakat.

Sebagai generasi penerus, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan mengembangkan warisan ilmiah dan spiritual yang ditinggalkan oleh ulama Nusantara. Melalui peringatan Haul ini, kita dapat merenungkan bagaimana kita dapat melanjutkan perjuangan mereka dalam memajukan peradaban Islam di Indonesia. Dengan mempelajari karya-karya mereka, mengamalkan nilai-nilai yang mereka ajarkan, dan menjaga semangat keilmuan yang mereka wariskan, kita dapat meneruskan tongkat estafet ini kepada generasi mendatang.

Mari kita sambut peringatan Haul beliau dengan hati yang terbuka dan semangat yang tinggi dalam mempelajari dan mengapresiasi jasa-jasa ulama Nusantara yang telah berkontribusi dalam membangun peradaban Islam di Indonesia. Melalui peringatan ini, semoga kita semua dapat mendapatkan manfaat dan hikmah yang berharga, serta terinspirasi untuk menjadi penerus yang baik dalam menjaga dan mengembangkan warisan ilmiah dan spiritual ulama Nusantara. Dengan begitu, kita dapat menghormati mereka dan memperkuat pondasi peradaban Islam yang kokoh di tanah air kita.

Sumber: Aji Setiawan

Ticket Information

Tickets

Online booking closed

Event Calendar

Jumat, 30 Juni 2023

8:00 pm - 11:15 pm  Asia/Jakarta
Closed

Add A Review

Logo Majelis Info

Komunitas Pencari Taman Surga

About Us

COMING SOON

apple-store
google_play
© 2021 majelis.info. All Rights Reserved.
Enable Notifications OK No thanks