November
04 Sabtu

Haul Solo 2023 Haul Al Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke-112 Acara Haul Terbesar

Sab, 4 November 2023 - Ming, 5 November 2023 (9:00 am - 11:00 am)Asia/Jakarta
Masjid Riyadh, Jalan Ibu Pertiwi, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

Description

Agenda Haul Al Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke-112 (Haul Solo) November 2023

Solo, 11 September 2023 – Persiapan telah dimulai untuk merayakan peringatan Haul Solo 2023 Haul Al Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke-112 yang akan diadakan di Masjid Riyadh, Solo pada tanggal 4 November 2023. Acara ini menjadi sorotan utama tahun ini dan telah dinantikan oleh ribuan jemaah dari berbagai penjuru Indonesia dan luar negeri. Haul ini tidak hanya menjadi momen keagamaan tetapi juga sebuah peristiwa budaya yang memadukan spiritualitas dengan kebersamaan.

Rangkaian Acara Haul Solo:

Rauhah (1-3 November 2023 Ba’da Ashar):

Haul Solo akan dimulai dengan rangkaian kegiatan rauhah yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 1 hingga 3 November 2023, sesaat setelah salat Ashar. Rauhah adalah waktu di mana jemaah berkumpul untuk berzikir, berdoa, dan merenungkan kebesaran Allah SWT, sambil mengenang Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Ini adalah saat yang penuh ketenangan di mana jemaah mencari kedamaian batin dan mendekatkan diri kepada Allah.

Haul (4 November 2023 Pukul 09.00 WIB):

Acara utama Haul Al Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke-112 akan dilaksanakan pada tanggal 4 November 2023, dimulai pukul 09.00 WIB. Hari ini adalah puncak perayaan di mana ribuan jemaah berkumpul di Masjid Riyadh, Solo, untuk mengenang dan merayakan kehidupan serta warisan spiritual yang ditinggalkan oleh Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Dalam acara ini, akan diadakan berbagai kegiatan seperti pembacaan doa, khotbah, dan pengajian agama yang dipimpin oleh ulama terkemuka.

Haul bukan sekadar peringatan kematian, tetapi juga perayaan kehidupan dan pengabdian seorang ulama besar. Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi adalah tokoh yang sangat dihormati dan diikuti oleh banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat. Acara Haul menjadi wadah untuk memperkuat ikatan antara jemaah dan menghidupkan pesan-pesan keagamaan yang telah ditinggalkan oleh beliau.

Maulid (5 November 2023 Ba’da Subuh:

Haul Solo akan berlanjut dengan pembacaan Maulid pada tanggal 5 November 2023, sesaat setelah salat Subuh. Maulid adalah saat di mana jemaah membaca dan merenungkan kisah dan kehidupan Nabi Muhammad SAW, yang merupakan sumber inspirasi utama bagi Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Maulid adalah bentuk penghormatan kepada Nabi dan cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Maulid bukan hanya sekadar upacara membaca syair-syair pujian, tetapi juga sebuah momen introspeksi dan perenungan. Dalam suasana yang penuh kekhusyukan, jemaah merenungkan nilai-nilai ajaran Islam yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dan mencoba mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Live Streaming (Official Channel Masjid Riyadh Solo):

Untuk memungkinkan lebih banyak orang mengikuti perayaan Haul Al Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, acara ini akan disiarkan secara langsung melalui Official Channel Masjid Riyadh Solo di berbagai platform media sosial. Anda dapat mengakses siaran langsung ini melalui Youtube dengan nama Masjid Riyadh Solo dan mengikuti akun resmi @masjidriyadhsolo di Facebook dan Instagram.

Live streaming adalah solusi untuk jemaah yang tidak dapat hadir secara fisik namun ingin tetap merasakan keberkahan dan kekhidmatan acara Haul Solo. Ini adalah bentuk pelayanan kepada umat yang ingin terlibat dalam perayaan ini meskipun dari jarak jauh.

Ketika Spiritualitas Bertemu Budaya:

Haul Al Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke-112 adalah peristiwa yang menggabungkan spiritualitas dan budaya. Ini bukan hanya peringatan kematian seorang ulama besar, tetapi juga sebuah festival keagamaan yang membawa ribuan jemaah dari berbagai daerah bersatu dalam kebersamaan dan cinta kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Haul Solo bukan sekadar acara agama tetapi juga sebuah peristiwa budaya yang melibatkan berbagai elemen, seperti seni, sastra, dan musik. Para jemaah menyanyikan qosidah dan syair-syair pujian kepada Nabi Muhammad SAW dan ulama-ulama besar.

Ini menciptakan atmosfer yang mempesona di sekitar Masjid Riyadh, Solo, di mana keindahan spiritual dan budaya bergabung menjadi satu.

Menyatu Dalam Kehadiran Ulama Besar:

Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, seorang ulama besar yang dihormati di seluruh dunia Islam, meninggalkan warisan spiritual yang sangat berharga. Beliau adalah seorang Wali Allah yang dihormati dan memiliki karomah istimewa. Salah satu karomah yang terkenal adalah kemampuannya mendengar suara tasbih dari barang-barang mati, seperti lemari dan meja. Namun, suara tasbih yang paling kencang datang dari sebutir biji kurma yang merupakan keturunan langsung dari kurma Ajwa yang ditanam oleh tangan Rasulullah SAW.

Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi lahir pada tanggal 24 Syawwal 1259 H atau setara dengan tanggal 17 November 1843 M menurut kalender Masehi. Beliau tumbuh dan hidup di Hadramaut, Yaman, dan selalu menjadikan takwa kepada Allah SWT sebagai pedoman hidupnya.

Kedekatan dengan Nabi Muhammad SAW:

Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi memiliki kedekatan tersendiri dengan Nabi Muhammad SAW. Dalam manaqibnya, tercatat bahwa setiap kali beliau berbicara di depan khalayak, sebelum beliau mengucapkan sepatah kata pun, para hadirin telah menangis, tergerak oleh rasa cinta dan kehormatan kepada Rasulullah SAW.

Pengakuan Para Ulama Sezamannya:

Keagungan Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi diakui oleh para ulama yang hidup sezamannya. Salah seorang sahabatnya, yaitu Jakfar bin Hamid, bahkan bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW. Dalam mimpinya, Rasulullah SAW berkata,( Ali Al-Habsyi, amal perbuatannya dan amal perbuatan para muridnya semua diterima oleh Allah Ta’ala.) Maka, ulama besar, yaitu Habib Ahmad bin Hasan Al Athos, berkata, (Jika demikian, maka mulai saat ini kami adalah murid-muridmu, Wahai Ali.) Namun, Habib Ali dengan rendah hati menjawab, (Kalian semua adalah murid-muridku.)

Mengenang Warisan Spiritual:

Dalam momen Haul Al Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke-112 ini, jemaah dan pengikut beliau berkumpul untuk mengenang dan merenungkan warisan spiritual yang telah beliau tinggalkan. Salah satu warisan yang paling berharga adalah kitab Maulid Simtudduror yang dipandang sebagai untaian mutiara yang memancarkan keindahan spiritual. Kitab ini adalah syair syair kehidupan Nabi Muhammad SAW. Kitab Simtudduror ini membantu mengenal lebih dalam kepribadian Nabi Muhammad SAW

Syair Cinta kepada Nabi Muhammad SAW:

Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi dikenal karena syair-syair cinta yang mendalam kepada Nabi Muhammad SAW. Ia memupuk rasa cinta yang besar terhadap Rasulullah SAW dan memancarkannya melalui karyanya. Setiap kali nama Rasulullah SAW disebut, beliau seringkali menangis karena cinta yang mendalam kepada sang Nabi.

Pengajaran Takwa dan Keimanan:

Salah satu pesan penting yang ditinggalkan oleh Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi adalah pentingnya takwa kepada Allah SWT. Beliau selalu menjadikan takwa sebagai bekal utama untuk akhirat. Pesan ini sangat relevan dalam kehidupan modern yang sering kali dipenuhi dengan distraksi dan godaan dunia. Haul Solo adalah momen yang tepat untuk merenungkan nasehat ini dan berusaha mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sanad dan Keilmuan:

Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi memiliki kedekatan tersendiri dengan Nabi Muhammad SAW, sehingga kehidupannya selalu terjalin dengan rahmat besar dari sang Nabi. Pengajaran dan keilmuan beliau menjadi sumber inspirasi bagi banyak ulama dan pengikutnya. Beliau adalah contoh nyata dari bagaimana seseorang yang hidup dalam ketaatan kepada Allah dapat menjadi cahaya bagi banyak orang.

Keberkahan Haul Solo 2023:

Perlu diketahui, Haul Solo bukan hanya peringatan keagamaan biasa, tetapi juga momen penuh berkah. Bagi mereka yang hadir di acara ini, keberkahan terasa begitu nyata. Setiap tahun, ribuan jemaah memadati Masjid Riyadh, Solo, dan sekitarnya, menciptakan atmosfer yang penuh keimanan dan kekhusyukan. Penutupan jalan dan persiapan tempat parkir khusus selalu dilakukan untuk menampung ribuan kendaraan dan bus pengantar jemaah dari berbagai daerah.

Alun-alun Kidul, Alun-alun Utara, dan Benteng Vastenburg menjadi areal parkir yang disiapkan oleh Pemkot Surakarta. Di dalam kompleks Masjid Riyadh, terdapat tiga makam yang merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, Habib Alwi bin Ali, Habib Ahmad bin Alwi, dan Habib Anis bin Alwi. Ketiganya adalah keturunan langsung dari Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.

Pengaruh Haul Solo:

Haul Al Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Solo telah menjadi bagian unik dari wisata religi di Kota Solo. Acara ini menjadi magnet yang luar biasa bagi ribuan jemaah dari berbagai daerah dan belahan dunia, meskipun makam Al Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi berada di Hadramaut, Yaman. Haul di Solo awalnya diinisiasi oleh Habib Alwi, putra Habib Ali, untuk memperingati kematian ayahnya. Sejak itu, acara ini telah menjadi agenda tahunan yang paling ditunggu-tunggu oleh ribuan jemaah dari berbagai daerah dan negara.

Kesempatan Keberkahan:

Pada momen Haul Solo, keberkahan dapat dirasakan oleh siapa saja yang hadir. Beberapa di antara jemaah bahkan menyamakan keberkahan yang didapatkan di Haul Solo dengan meminum air dari Telaga Al-Kautsar, sebuah sungai surga dalam ajaran Islam. Keberkahan ini mencakup segala aspek kehidupan, dari spiritual hingga materi.

Mengabadikan Warisan Spiritual:

Selama acara Haul Al Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, karya-karya beliau, seperti Maulid Simtudduror dan Sholawat Lathoiful Arsyiyah, menjadi fokus utama. Kedua karya ini memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan spiritualitas dan keimanan jemaah. Maulid Simtudduror adalah sebuah kitab yang memuat kisah-kisah kehidupan Nabi Muhammad SAW dan pujian kepada beliau. Sholawat Lathoiful Arsyiyah adalah kumpulan sholawat karya Habib Ali yang memiliki kekuatan spiritual yang luar biasa. Keduanya menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya.

Kata-kata Terakhir:

Haul Al Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke-112 di Solo merupakan peristiwa bersejarah yang menciptakan ikatan spiritual antara ribuan jemaah dari berbagai penjuru. Dalam momen ini, kita merenungkan pesan-pesan keimanan, ketakwaan, dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW yang ditinggalkan oleh seorang ulama besar. Keberkahan dan keimanan memenuhi udara, dan kita semua diajak untuk merasakannya.

Kami mengundang semua orang yang ingin merasakan keberkahan dari peristiwa ini untuk mengikuti siaran langsung melalui Official Channel Masjid Riyadh Solo. Semoga perayaan Haul Al Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke-112 menjadi momen yang memperdalam iman, meningkatkan spiritualitas, dan memancarkan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.

Baca Juga: Haul Solo 2022

Ticket Information

Tickets

Online booking closed

Event Calendar

Sabtu, 4 November 2023 - Minggu, 5 November 2023

9:00 am - 11:00 am  Asia/Jakarta
Closed

Reviews(7)

  • z
    11 September 2023 at 9:39 am

    5

    Allahummasollia’la sayyidina Muhammad.. bismillah minal hadirin🤲🏻🤲🏻

    • 12 September 2023 at 8:05 am

      5

      semoga kita termasuk undangan beliau

  • Aldo
    10 Oktober 2023 at 8:38 am

    5

    Dari tahun lalu pengen berangkat…semoga ALLAH memberikan saya kesempatan ziarah kesempatan beliau

    • 11 Oktober 2023 at 9:34 am

      5

      aamiin ya Robbal ‘alamin semoga berangkat kita kak

  • ahmad ali
    30 Oktober 2023 at 4:47 am

    5

    azamku untuk hadir di haul Habib Ali bin Muhammad Alhabsy ke 112 sudah satu tahun yg lalu/ sepulang maulid haul ke 111 , semoga bisa hadir dengan ridho Allah….

    • 30 Oktober 2023 at 7:58 am

      5

      aamiin ya Robbal ‘alamin

  • N'chank Rotor
    2 November 2023 at 2:02 am

    5

    ۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞
    ۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞
    ۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞
    ۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞
    ۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞

    Shollu ‘Alaa Muhammad 🥺😢😭

    Aamiin 🤲

    Alhamdulillah Ya ROBB 🤲
    In Shaa ALLOH Malem Juma’at Ba’da Isya Berangkat

    Syukron Ya ROBB Udah Ngirimin Orang Bae Minte Tolong Ane Nyupirin Ke Acara Haol Solo 🤲🥺

Add A Review

Logo Majelis Info

Komunitas Pencari Taman Surga

About Us

COMING SOON

apple-store
google_play
© 2021 majelis.info. All Rights Reserved.
Enable Notifications OK No thanks