Peringatan! PSB Ponpes Tahfidz Al Bahjah 2022/2023 Segera Ditutup

Yayasan Al-bahjah Pusat
YAYASAN AL-BAHJAH PUSAT CIREBON, Sendang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Indonesia

Description

Untuk jadi Santri di Pesantren Buya Yahya, segera daftar Ponpes Tahfidz Al Bahjah gelombang-2 untuk tahun ajaran 2023/2024 sebelum ditutup.

Profil Santri Ponpes Tahfidz Al Bahjah

Profil Santri dan Pondok Pesantren Tahfidz Al Bahjah yang dikutip dari situs resmi tahfidzalbahjah.com – Pondok Pesantren Tahfidz Al-Bahjah bertujuan untuk menorehkan prestasi santri menjadi mubaligh/ulama dengan bekal menghafal Al Quran sejak dini.

Program Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Al-Bahjah menghafal Al-Qur’an sejak usia dini sampai dengan usia 15 tahun, dengan harapan pada usia 15 tahun sudah hafal Al-Qur’an 30 Juz.

Setelah berusia 15 tahun, santri Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Bahjah akan dipindahkan ke kelas besar/kibar yaitu kelas intensif pada program ilmu Syariah, dari bahasa Arab, Nahwu, Shorov, dll. Sedangkan untuk hafalan Al Quran akan diimbangi dengan pelajaran Syariah, menilai kemampuan anak Anda.

Tidak diragukan lagi, kemuliaan orang yang menghafal Al-Qur’an atau mereka yang menghafal Al-Qur’an sangatlah tinggi di sisi Allah SWT, dan tentunya setiap manusia pasti bercita-cita untuk bisa menjadi seorang penghafal Al-Qur’an, atau setidaknya berambisi agar anak-anaknya kelak menjadi penghafal Al-Qur’an.

Penerimaan Santri Baru Tahfidz Al Bahjah

Anda bisa lihat daftar isi agar lebih mudah memahami informasi tentang pendaftaran Tahfidz Al Bahjah ini.

Informasi Pendaftaran Santri Baru Tahfidz Al Bahjah Qurani

Informasi Pendaftaran Santri Baru Tahfidz Al Bahjah Qurani – psb.albahjah.or.id

Penerimaan Santri Baru Pondok Pesantren Al-Bahjah Program Tahfidz Gelombang kedua hampir terpenuhi kuotanya, gelombang pertama sudah berjalan pada 2022 lalu.

Jenjang-Program Ponpes Al Bahjah Tahfidz

Pendaftaran Ponpes Tahfidz ini untuk Putra dan Putri, di Bawah Asuhan Buya Yahya, dengan program dan jenjang pendidikan : Kelas 1-3 Menghafal Al-Qur’an (Tahfidz).

Waktu Pendaftaran Ponpes Tahfidz Al Bahjah

Pendaftaran Santri Tahfidz Al Bahjah dilaksanakan pada tanggal 08 Jumadil Akhir s/d. 09 Rojab 1444 H. atau bertepatan dengan 01 Januari s/d. 31 Januari 2023 M.

Syarat Pendaftaran Ponpes Tahfidz  Bahjah

Persyaratan untuk daftar menjadi santri Tahfidz Al Bahjah adalah sebagai berikut,

  1. Berusia 10-12 Tahun (Tahfidz)
  2. Mengisi Formulir
  3. Foto 3×4 sejumlah 2 lembar
    – Background Biru (Perempuan)
    – Background Merah (Laki-Laki)
  4. Foto Kartu Keluarga
  5. Foto Akta Kelahiran
  6. Foto KTP orangtua
  7. Surat Keterangan Sehat Dari Puskesmas
  8. Surat Pernyataan izin dari orang tua dan pengasuh pondok pesantren (jika masih tinggal di pesantren)

Pelaksanaan dan Materi Tes Tahfidz Al Bahjah

Calon santri yang telah mendaftar akan mengikuti Tes Seleksi (Informasi Jadwal Tes akan diberitahukan menyusul via grup Whatsapp).

Materi Tes Program Tahfidz Quran Al Bahjah

  1. Wawancara orang tua calon santri
  2. Kualitas bacaan Al-Quran
    – Surat diacak
    – Lancar & benar
  3. Daya hafal
    – Hafalan QS. Adduha-Annas
  4. Bacaan Sholat & Qunut
  5. Akhlak
  6. Kemandirian & Kesungguhan

Cara Daftar Ponpes Tahfidz Al Bahjah

Pendafataran Melalui Online :
– Humas PSB Tahfidz : 0821-1577-9231

Nasihat Buya Yahya Untuk Daftar Jadi Santri Al Bahjah

Pesantren Al Bahjah di Indonesia menawarkan berbagai manfaat bagi siswa dan keluarga mereka, mulai dari pendidikan agama hingga rasa kebersamaan yang kuat.

Informasi Pendaftaran Santri Baru Tahfidz Al Bahjah Qurani - psb.albahjah.or.id 

Kebersamaan santri tahfidz al bahjah – buyayahya.org

Pesantren yang juga dikenal sebagai Islamic Boarding School dalam bahasa Inggrisnya, menjadi pilihan banyak orang tua di Indonesia yang ingin anaknya mendapatkan pendidikan dan bimbingan akhlak yang berkualitas.

Sekolah-sekolah ini menawarkan lingkungan belajar yang unik yang berpusat di sekitar ajaran, nilai, dan budaya Islam.

Sekolah-sekolah berasrama ini menyediakan lingkungan yang aman dan mengasuh bagi siswa untuk mempelajari nilai-nilai Islam dan mengembangkan keterampilan yang penting.

Pendidikan keagamaan seperti Pondok Pesantren adalah cara yang efektif untuk mengajarkan nilai-nilai moral dan spiritual kepada anak-anak dan membantu mereka untuk menjadi orang yang bermoral dan berintegritas.

Namun sebelum berfikir untuk mendaftarkan anak ke Ponpes pilihan, ada baiknya memperhatikan beberapa hal agar semakin yakin dan rencana berjalan lancar. Simak nasihat Buya Yahya untuk daftar jadi Santri Al Bahjah.

Memahami nasihat tersebut penting karena dari kesalahan niat-maksud saat menghafal Al-Qur’an ini menyebabkan hilangnya cara-cara menghafal Al-Qur’an seperti yang telah dicontohkan oleh para ulama salaf yang saleh di masa lalu.

Menjadi penghafal Al-Qur’an sejati membutuhkan tekad, usaha, dan niat yang lurus sejak awal proses hafalan hingga akhir.

Ketika kita mulai menghafal Al-Qur’an, secara tidak langsung berarti saat itu juga kita dipaksa untuk mengabdikan diri kita kepada Al-Qur’an seumur hidup.

Selain banyaknya kesulitan yang harus dilalui oleh seorang penghafal Al Quran dalam proses menghafalnya, juga dituntut untuk selalu menjernihkan niat.

Bagi banyak dari mereka memiliki niat yang benar pada awalnya, tetapi lama kelamaan berbalik atau tersesat. Oleh karena itu, pembaharuan niat harus sering dilakukan pada saat hafalan dan muraja’ah (hafalan berulang).

Di era modern ini, banyak sekali penghafal Al Quran yang hafalannya tidak hanya ditujukan kepada Allah SWT.

Informasi terbaru Pendaftaran Santri Al Bahjah, baik Ponpes Tahfidz, Tafaqquh ataupun Sekolah Formal Al Bahjah dapat dilihat pada website resmi pendaftaran Ponpes Al Bahjah di psb.albahjah.or.id

 

Santri Hafidz Hafidzah Ponpes Tahfidz Al Bahjah - tahfidzalbahjah.com

Santri Hafidz Hafidzah Ponpes Tahfidz Al Bahjah – tahfidzalbahjah.com

Tanya Jawab Tentang Tahfidz Quran

Apa Itu Sekolah Tahfidz

Sekolah Tahfiz adalah lembaga keagamaan sebagai sarana pendidikan bagi umat Islam untuk menghafal Al-Qur’an, Sekolah Tahfiz Al-Qur’an adalah pesantren untuk putra dan putri.

Apa Itu Ponpes Tahfidz Quran

Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran Al Bahjah adalah sebuah sistem pesantren (pesantren) yang bertujuan untuk membantu santri yang berakhlak mulia, mandiri dan memiliki keterampilan khusus dalam menghafal Al-Qur’an.

Apa Saja Kegiatan Tahfidz

Kegiatan yang dilakukan dalam proses tahfidz qur’an, di antaranya: setoran, muraja’ah, mudarasah, sima’an, tikraran, talaqqi, musyafahah, bin-nazar, dan bil-gaib. Selain itu, para penghafal qur’an dibiasakan untuk khatam Al-Qur’an dalam batas waktu tertentu.

Apa Tujuan Tahfidz

Tahfidz Al-Qur’an adalah proses menjaga, memelihara dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang telah diturunkan kepada Rasulullah SAW dengan hafalan agar tidak terjadi perubahan dan penyimpangan serta dapat menjaga dari kelupaan seluruhnya atau sebagian.

Apa Manfaat Belajar Tahfidz

Semakin peka pendengaran seorang anak ketika mendengar ayat-ayat Al-Qur’an dibacakan, maka semakin mudah bagi mereka untuk lancar berbicara dengan mengulang-ulang apa yang didengarnya. Ini akan membantunya berbicara dengan cepat dan lancar, kemudian dengan mudah belajar bahasa Arab dan bahasa lainnya.

Bagaimana Metode Tahfidz Quran

Salah satu metode kontemporer membaca Al-Qur’an adalah Tashili. Tashili adalah metode membaca Al-Qur’an yang diciptakan dan dikembangkan oleh Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) Al-Bahjah Cirebon, sebagai bagian dari upaya lembaga tersebut untuk membekali masyarakat dengan bacaan hafalan Al-Qur’an yang berkualitas sesuai kaidah bacaan dan hukum tajwid.

Metode Tashili adalah metode membaca cepat Al-Qur’an yang disusun secara sistematis mulai dari bacaan yang paling sederhana dan berlanjut secara bertahap hingga dapat membaca Al-Qur’an.

Untuk memudahkan penggunaan metode ini, pembelajaran dikelompokkan menjadi 5 (lima) kelompok sesuai dengan jumlah buku pedoman atau jumlah buku yang tersedia. Instruksi atau latihan juga merupakan penanda pencapaian yang dicapai setiap siswa. (Taufik Ridwan dkk. dari IAI BBC)

Apakah Penghafal Quran Itu Cita-Cita

Menghafal Al Quran adalah impian seumur hidup, cita-cita mulia, tujuan tertinggi, dan harapan besar yang ingin dicapai oleh mereka yang mulai membacanya. Al-Qur’an merupakan pedoman hidup yang sangat penting bagi umat Islam.

Kenapa Ingin Jadi Hafidz Quran

Santri Hafidz Hafidzah Ponpes Tahfidz Al Bahjah - tahfidzalbahjah.com

Wisuda Santri Hafidz Hafidzah Ponpes Tahfidz Al Bahjah – tahfidzalbahjah.com

Menjadi seorang Hafidz atau penghafal Al Quran tentunya merupakan sesuatu yang mulia dan membanggakan bagi anak dan orang tua. Selain bisa melatih kedisiplinan dan hafalan, menjadi Hafidz Alquran menjanjikan pahala yang besar bahkan bisa menjadi perantara orang tua ke surga.

Ticket Information

Tickets

Online booking closed

Add A Review

Logo Majelis Info

Komunitas Pencari Taman Surga

About Us

COMING SOON

apple-store
google_play
© 2021 majelis.info. All Rights Reserved.
Enable Notifications OK No thanks