Oktober
13 Jumat

Peringatan Maulid Nabi di Tebet Al Afaf

Jum, 13 Oktober 2023 (3:00 am - 7:00 am)Asia/Jakarta
Majelis Talim Al-Afaf
Majelis Ta'lim Al-Afaf, Jl. Tebet Utara II B, RT.3/RW.1, East Tebet, South Jakarta City, Jakarta, Indonesia

Description

Peringatan Maulid Nabi di Tebet Al Afaf 2023: Mengenang Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Live Streaming

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan peringatan Maulid Nabi untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Di Tebet Al Afaf, perayaan ini juga diadakan dengan khidmat dan keramahtamahan yang luar biasa. Berikut adalah jadwal acara peringatan Maulid Nabi di Tebet Al Afaf pada tahun 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 13 Oktober 2023.

Mengapa Peringatan Maulid Nabi Penting?

Peringatan Maulid Nabi adalah momen berharga bagi umat Islam. Acara ini tidak hanya merupakan waktu untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW tetapi juga untuk mengambil hikmah dari kehidupan beliau. Ini adalah kesempatan bagi umat Muslim untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang ajaran dan sunnah Nabi serta untuk merenungkan bagaimana mereka dapat mengaplikasikan ajaran-ajaran itu dalam kehidupan sehari-hari.

**Jadwal Peringatan Maulid Nabi di Tebet Al Afaf 2023**

**Tanggal:** 13 Oktober 2023

**Tempat:** Majelis Ta’lim Al Afaf, Jl. Tebet Utara 2B, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

**Waktu:** Pukul 03.00 – 07.00 WIB

**Susunan Acara:**

1. **Pembukaan**

Acara akan dibuka dengan kata sambutan dan doa pembukaan.

2. **Pembacaan Ayat Suci Al-Quran**

Kemudian, akan ada pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran, memberikan kesempatan kepada semua yang hadir untuk merenungkan pesan-pesan suci.

3. **Pembacaan Tahlil**

Selanjutnya, tahlil, yaitu pengucapan “La ilaha illallah” (Tiada Tuhan selain Allah), akan dilakukan oleh seluruh jamaah.

4. **Pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW**

Maulid Nabi, yang berisi kisah dan sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW, akan dibacakan untuk mengilhami jamaah.

5. **Sambutan-sambutan**

Para panitia acara, habib, dan orang-orang terkemuka akan memberikan sambutan-sambutan yang menginspirasi tentang arti dan pentingnya Maulid Nabi.

6. **Maulid Hasanah**

Acara inti, Maulid Hasanah, akan menjadi momen refleksi dan doa bersama untuk keluarga, teman, dan seluruh umat manusia.

7. **Pembacaan Doa**

Jamaah akan bersama-sama berdoa untuk keberkahan, kedamaian, dan keselamatan umat manusia.

8. **Penutup**

Acara akan ditutup dengan doa penutup dan pesan-pesan penutup.

9. **Live Streaming**

Untuk mereka yang tidak dapat hadir secara fisik, acara akan disiarkan secara langsung melalui live streaming sehingga mereka tetap dapat bergabung dalam peringatan ini.

Terima kasih atas perhatiannya, dan semoga acara ini menjadi berkah bagi semua yang hadir.

=-=-=-=-=-=-=-=-=-=ARTIKEL 2022=-=-=-=-=-=-=-=-=
Peringatan Maulid Nabi di Tebet Al AfafMasih ada beberapa orang yang belum tahu tentang susunan acara peringatan Maulid Nabi di Tebet Al Afaf. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Pada dasarnya, Maulid Nabi selalu diselenggarakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah.

Peringatan Maulid Nabi ini dilaksanakan untuk meningkatkan rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu, umat muslim juga bisa mengambil hikmah dari perjalanan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya melalui acara ini. Dalam hal ini, rasa cinta yang bisa kita berikan dapat diwujudkan dengan hidup sesuai sunnah serta ketentuan yang ada dalam Al-Quran.

Event Peringatan Maulid Nabi di Tebet Al Afaf

Kisah Maulid Nabi juga meliputi perjalanan Nabi Muhammad SAW ketika diangkat menjadi salah satu utusan Allah SWT. Umumnya, acara Maulid Nabi akan dihadiri oleh para ulama maupun habib. Selama acara ini berlangsung, para ulama maupun habib akan memberikan kajian-kajian yang dapat menjadi ilmu baru bagi para umat muslim yang menghadirinya.

Susunan Acara Maulid Nabi di Tebet Al Afaf

Peringatan Maulid Nabi di daerah Tebet ini akan dihadiri oleh Habib Ahmad bin Ali As Segaf pada tanggal 21 Oktober 2022. Acara ini akan berlangsung sejak pukul 03.00 – 07.00 WIB di Majelis Ta’lim Al Afaf. Tempat ini sendiri terletak di Jl. Tebet Utara 2B, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini akan diselenggarakan dengan shalat subuh gabungan se-Jabodetabek, sehingga jangan terkejut jika ada banyak umat muslim di wilayah Jabodetabek yang menghadiri acara ini. Apalagi jika mengingat bahwa acara ini dihadiri Habib Ahmad bin Ali As Segaf yang merupakan pimpinan Majelis Ta’lim Al Afaf itu sendiri.

Nantinya, setelah shalat subuh gabungan telah dilakukan oleh seluruh umat muslim yang menghadiri acara ini, acara akan dilanjutkan dengan susunan lainnya, yaitu:

  • Pembukaan
  • Pembacaan ayat suci Al-Quran
  • Pembacaan tahlil
  • Pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW
  • Sambutan-sambutan yang diberikan oleh panitia kegiatan, habib, dan panitia-panitia lainnya
  • Masuk ke acara inti yakni Mauidhoh Hasanah
  • Pembacaan doa
  • Penutup

Biografi Habib Ahmad bin Ali As Segaf

Habib Ahmad bin Ali As Segaf lahir di Jakarta pada tanggal 18 Oktober 1971, dan merupakan keturunan dari tokoh yang menyandang nama besar sebagai paku bumi, yaitu Sayyidil Walid Al Habib Abdurrahman bin Ahmad As Segaf. Habib Ahmad bin Ali As Segaf merupakan cucu dari tokoh dakwah yang sangat disegani oleh umat muslim.

Pada saat beliau masih di dalam kandungan ibundanya, Habib Ahmad bin Ali As Segaf telah diberi nama “Husein”. Namun, setelah beliau lahir dan waktu berjalan selama beberapa tahun, beliau sering mengalami sakit keras yang hampir merenggut nyawa. Kemudian, Al Habib Ali bin Abdurrahman As Segaf menemui Habib Sholeh bin Mukhsin Al Hamid Tanggul dan memohon doa atas kesehatan anaknya tersebut.

Spontan saja Habib Sholeh bin Mukhsin Al Hamid Tanggul langsung berkata bahwa nama Husein harus diganti dengan nama Ahmad. Setelah nama Husein diganti menjadi Ahmad, Habib Ahmad bin Ali As Segaf tetap sering mengalami sakit yang cukup parah. Sampai akhirnya, ketika Habib Sholeh bin Mukhsin Al Hamid Tanggul kembali ke Jakarta, Al Habib Ali bin Abdurrahman As Segaf menemuinya lagi untuk meminta air dan memohon doa atas kesehatan putranya.

Dengan kemurahan hati dari Allah SWT, Habib Ahmad bin Ali As Segaf akhirnya bisa tumbuh dewasa dengan sehat, tanpa harus mengganti nama lagi. Habib Ahmad bin Ali As Segaf terus menjalankan tugasnya, hingga beliau akhirnya memilih untuk mendirikan Majelis Ta’lim Annurul Kassyaaf di tahun 2003.

Akhir Kata

Dengan diselenggarakannya peringatan Maulid Nabi di Tebet Al Afaf ini, membuat umat muslim yang tinggal di daerah Jabodetabek ingin menghadirinya. Sebab, selain dapat meningkatkan rasa cintanya kepada Nabi Muhammad SAW, acara ini juga dihadiri oleh Habib Ahmad bin Ali As Segaf yang akan memberikan kajian-kajian bermanfaat kepada para jemaahnya. Tentu acara ini dapat memberikan kesan yang istimewa bagi umat muslim yang menghadirinya. Terima kasih untuk semua pembaca yang sudah menyimak artikel ini hingga akhir.

Ticket Information

Tickets

Online booking closed

Event Calendar

Jumat, 13 Oktober 2023

3:00 am - 7:00 am  Asia/Jakarta
Closed

Video

Add A Review

Logo Majelis Info

Komunitas Pencari Taman Surga

About Us

COMING SOON

apple-store
google_play
© 2021 majelis.info. All Rights Reserved.
Enable Notifications OK No thanks