April
09 Selasa

Spesial Ramadhan 2024: Pengajian Buya Yahya di Albahjah TV

Sel, 9 April 2024 (5:15 am - 6:00 pm)Asia/Jakarta
YAYASAN AL-BAHJAH PUSAT CIREBON, Sendang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Indonesia

Description

Pengajian Buya Yahya di bulan puasa Ramadhan 2024 ini adalah contoh kegiatan positif yang dapat kita ikuti secara live melalui Albahjah TV, berikut cerita menarik dan jadwal acaranya.

Ramadhan, bulan yang penuh berkah, menjadi momen yang dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Di Indonesia, berbagai kegiatan religius diselenggarakan untuk memperdalam pengetahuan agama dan meningkatkan keimanan.

Cerita Menarik Kegiatan Positif kita di Ramadhan 2024

Di tengah hiruk-pikuk kehidupan yang serba cepat, bulan Ramadhan tiba sebagai oasis ketenangan, mengajak kita untuk berhenti sejenak dan merenung. Dalam kesunyian fajar yang masih perawan, kita diajak oleh Al-Bahjah dan Buya Yahya untuk memulai perjalanan spiritual yang akan mengubah cara kita melihat dunia dan diri sendiri.

Halqah Fajar bukan sekadar kajian; ini adalah pelayaran menuju pemahaman yang lebih dalam tentang ikatan suci pernikahan. Ketika matahari terbit, cahaya pengetahuan mulai menyinari hati, memberikan kehangatan dan kecerahan pada jiwa yang haus akan kebenaran.

Kemudian, saat matahari naik tinggi, Zawiyah Dhuha menawarkan kita kesempatan untuk merenung dan mengamalkan hikmah Ramadhan. Ini bukan hanya tentang mempelajari teks-teks suci, tetapi juga tentang mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Sore hari, Madrasah Ramadhan membuka pintunya, mengundang kita untuk ‘Lebih Dekat dengan Nabi’. Melalui kajian Kitab Khulashoh Nurul Yaqin, kita diajak untuk mengikuti jejak langkah Nabi Muhammad SAW, mengambil pelajaran dari kehidupan beliau yang penuh dengan kasih dan pengorbanan.

Dan di akhir pekan, kita bersama-sama menyelami kedalaman Tafsir Al-Qur’an, mengeksplorasi keajaiban dan kearifan yang terkandung di dalamnya. Ini adalah momen untuk menghubungkan diri dengan firman Allah SWT, membiarkan setiap ayat berbicara langsung ke dalam hati kita.

Dengan setiap sesi yang dirancang untuk memperkaya jiwa, program Ramadhan ini adalah undangan untuk berbagi dalam kebersamaan, belajar, dan tumbuh. Ini adalah kesempatan untuk mengumpulkan pahala, bukan hanya melalui ibadah, tetapi juga melalui pengetahuan dan amal yang kita bagikan.

Mari kita sambut Ramadhan 1445 H dengan hati yang terbuka, semangat yang membara, dan jiwa yang siap untuk diperbaharui. Bersama Al-Bahjah dan Buya Yahya, mari kita jadikan Ramadhan ini lebih bermakna dari sebelumnya. Amin.

Contoh Kegiatan Positif Ramadhan

Salah satu contoh program kegiatan Ramadhan yang bertabur pahala adalah yang diselenggarakan oleh Majelis Al-Bahjah yaitu pengajian Buya Yahya spesial pada bulan puasa tahun 1445 H.

Ramadhan 1445 H di LPD Al-Bahjah Sendang, Sumber Cirebon, menawarkan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memperkaya pengalaman spiritual selama bulan suci.

Dengan fokus pada peningkatan ilmu dan amal, program pengajian Buya Yahya ini mengundang umat Islam untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang menginspirasi dan memperdalam pemahaman agama.

Pengajian Ramadhan Buya Yahya di Albahjah TV

 

Program Kegiatan Ramadhan

Program kegiatan Ramadhan biasanya mencakup berbagai aktivitas keagamaan seperti tadarus Al-Qur’an, i’tikaf, pengajian, pesantren kilat, dan bershalawat.

Kegiatan-kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat Islam selama bulan puasa. Seperti halnya jadwal pengajian Buya Yahya di bulan Ramadhan 2024 untuk menambah ilmu.

Keutamaan dan Manfaat

Kegiatan positif selama Ramadhan memiliki banyak keutamaan dan manfaat, termasuk meningkatkan kesabaran, kedisiplinan, solidaritas sosial, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain itu, kegiatan seperti membaca Al-Qur’an, mengikuti acara keagamaan seperti pengajian buya yahya, berbuat baik kepada sesama, dan melakukan ibadah sunah dapat mendatangkan pahala yang berlipat ganda.

Proposal Kegiatan Ramadhan

Proposal kegiatan Ramadhan merupakan dokumen penting yang merangkum rencana dan tujuan dari serangkaian aktivitas yang akan dilaksanakan selama bulan suci.

Struktur proposal biasanya mencakup judul kegiatan, latar belakang, tujuan, tema, peserta, waktu dan tempat pelaksanaan, ketentuan, jadwal kegiatan, susunan panitia, dan rencana anggaran.

Teks MC Pengajian

Teks MC pengajian adalah panduan bagi pembawa acara untuk memandu jalannya pengajian. Teks ini mencakup pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan, tausiyah, dan penutup.

Seorang MC yang baik harus mampu mengatur alur acara dengan lancar dan menyampaikan informasi dengan jelas.

Contoh Kegiatan Ramadhan: Proposal hingga Teks MC Pengajian

Ramadhan, bulan yang penuh berkah, tiba lagi. Ini adalah waktu di mana umat Islam di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga senja, meningkatkan ibadah, dan melakukan kegiatan sosial.

Dalam materi berikutnya ini, kita akan membahas contoh kegiatan Ramadhan yang bisa diorganisir, mulai dari proposal hingga teks MC pengajian.

Proposal Kegiatan Ramadhan

Latar Belakang: Ramadhan adalah bulan di mana umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Ini juga merupakan waktu untuk meningkatkan kegiatan sosial dan keagamaan. Kegiatan Ramadhan bertujuan untuk memperkuat tali persaudaraan dan meningkatkan keimanan.

Tujuan Kegiatan: Tujuan dari kegiatan Ramadhan adalah untuk memaksimalkan amalan di bulan suci, seperti Tarawih, Tadarus Al-Qur’an, dan sedekah.

Sasaran Kegiatan: Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh anggota masyarakat, tanpa memandang usia atau latar belakang sosial.

Rencana Kegiatan: Kegiatan yang direncanakan meliputi buka puasa bersama, pengajian, dan penyaluran bantuan kepada yang membutuhkan.

Anggaran: Rincian anggaran disusun berdasarkan kebutuhan masing-masing item kegiatan.

Teks MC Pengajian Ramadhan

Pembukaan: Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat datang di pengajian Ramadhan kita. Semoga kita semua mendapatkan berkah di bulan yang suci ini.

Sambutan: Saya mengundang Bapak/Ibu/Saudara(i) untuk memberikan sambutan dan membagikan pemikiran tentang keutamaan bulan Ramadhan.

Kegiatan: Kita akan melanjutkan dengan Tadarus Al-Qur’an, diikuti oleh ceramah dari Ustadz/Ustadzah yang terhormat.

Penutup: Terima kasih atas kehadiran dan partisipasi semua. Semoga apa yang kita lakukan di bulan Ramadhan ini membawa manfaat bagi kita semua.

Jadwal Pengajian Buya Yahya di Bulan Puasa Ramadhan 2024

Halqah Fajar merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dimulai dari tanggal 1 hingga 19 Ramadhan. Kegiatan ini mengajak peserta untuk ‘Meniti Bahtera Samara’ melalui kajian fiqih nikah dalam pengajian Buya Yahya yang dilaksanakan setiap hari pada pukul 05.30 WIB.

Selanjutnya, Zawiyah Dhuha menghadirkan ‘Hikmah dan Amaliah Bulan Berkah’ dengan kajian kitab Romadhoniat. Program pengajian Buya Yahya ini berlangsung dari hari Senin hingga Jumat, dimulai pukul 10.00 WIB dan dapat diikuti secara langsung (LIVE) oleh umum.

Madrasah Ramadhan menawarkan kesempatan ‘Lebih Dekat dengan Nabi’ melalui kajian Kitab Khulashoh Nurul Yaqin. Kegiatan pengajian Buya Yahya ini berlangsung setiap hari, dimulai pukul 16.00 WIB dan terbuka untuk umum.

Di akhir pekan, Tafsir Al-Qur’an menjadi fokus dengan kajian tafsir Al-Qur’an setiap hari Sabtu dan kajian Kitab Mukhtasor At-Targhib Wattarhib setiap hari Ahad, keduanya dimulai pukul 07.30 WIB dan terbuka untuk umum.

Kegiatan positif Ramadhan 2024 dengan program pengajian Buya Yahya ini dilaksanakan di LPD Al-Bahjah Sendang, Sumber Cirebon, dan merupakan peluang emas bagi setiap Muslim untuk menambah ilmu dan amal selama bulan suci Ramadhan.

Penutup dan Kesimpulan: Pengajian Buya Yahya, Kegiatan Positif

Sebagai penutup, program kegiatan Ramadhan “Bertabur Pahala 1445 H” yang diselenggarakan oleh Al-Bahjah dalam acara pengajian Buya Yahya menawarkan serangkaian program yang dirancang untuk memperkaya pengalaman spiritual umat Islam selama bulan suci.

Dari Halqah Fajar hingga Tafsir Al-Qur’an, setiap sesi dirancang untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yang mendalam tentang ajaran Islam, serta menginspirasi peserta untuk meningkatkan amal ibadah mereka.

Proposal kegiatan yang sistematis, teks MC pengajian yang terstruktur, dan jadwal pengajian yang terorganisir dengan baik mencerminkan komitmen penyelenggara dalam menyediakan program yang berkualitas. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya memperkuat keimanan tetapi juga mempererat tali silaturahmi antar umat.

Kesimpulannya, program kegiatan Ramadhan ini adalah contoh nyata dari upaya komunitas Muslim dalam merayakan bulan Ramadhan dengan penuh makna dan keberkahan.

Melalui kegiatan-kegiatan yang edukatif dan inspiratif, umat Islam diundang untuk bersama-sama mengejar keutamaan dan manfaat yang ditawarkan oleh bulan yang suci ini.

Dalam semangat kebersamaan dan kebaikan yang dibawa oleh bulan Ramadhan, setiap detik dan setiap rupiah yang kita infaqkan membawa dampak yang berarti.

Kini, dengan kemudahan teknologi QRIS, berinfaq untuk mendukung kegiatan positif dan dakwah Islam menjadi lebih mudah dan cepat.

Bayangkan, hanya dengan satu scan, Anda telah membuka pintu kebaikan yang luas dan berkontribusi pada penyebaran nilai-nilai Islam yang damai dan inklusif.

Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk berbagi kebahagiaan dan keberkahan. Setiap infaq Anda akan langsung mendukung penyiaran program-program seperti Halqah Fajar, Zawiyah Dhuha, Madrasah Ramadhan, dan sesi Tafsir Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh Al-Bahjah dan Buya Yahya.

Infaq Anda bukan sekadar sumbangan, tetapi investasi untuk generasi mendatang dalam membangun dunia yang lebih berilmu, beriman, dan beradab.

Jadi, tidak perlu ragu, ambil ponsel Anda, buka aplikasi pembayaran, dan scan kode QRIS yang telah disediakan. Dengan satu langkah sederhana, Anda telah menjadi bagian dari perubahan positif dan dakwah Islam yang penuh makna.

Screenshot 2024 03 12 020613 Spesial Ramadhan 2024: Pengajian Buya Yahya di Albahjah TV

Dukung penyiaran dakwah islam dan kegiatan positif dengan infaq donasi cepat dan mudah

 

Bersama-sama, kita bisa menjadi saksi atas kekuatan infaq dalam menyebarkan cahaya Islam yang cerah ke seluruh penjuru dunia.

Semoga artikel ini dapat menjadi panduan yang berguna bagi mereka yang ingin menyelenggarakan atau berpartisipasi dalam kegiatan Ramadhan yang serupa, dan semoga Ramadhan tahun ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kemakmuran bagi kita semua. Amin.

Referensi:

Al-Bahjah, A. (1445 H). Program Kegiatan Ramadhan Bertabur Pahala. Sumber, Cirebon: LPD Al-Bahjah. Situs Resmi: albahjah.or.id

Ticket Information

Tickets

Online booking closed

Event Calendar
Choose a date to booking event

Video

Add A Review

Logo Majelis Info

Komunitas Pencari Taman Surga

About Us

COMING SOON

apple-store
google_play
© 2021 majelis.info. All Rights Reserved.
Enable Notifications OK No thanks